Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider

Pertama sebelum anda memutuskan untuk merawat dan memelihara sugar glider ada baiknya anda menyimak beberapa saran dari saya karena ini demi kebaikan anda maupun sugar glider sebagai hewan kesayangan anda.Untuk merawat dan memelihara sugar glider tidaklah susah hanya seperti merawat Hamster dan hewang marsupial lainya, yang membedakanya adalah kandang dan pakan yang disediakan untuk sugar glider anda.

Cara memelihara dan merawat sugar glider.
SUGAR GLIDER
Sebelum membeli sugar glider.
Sebelum anda membeli sugar glider ada baiknya anda membeli perlengkapan dan peralatan untuk merawat, jangan anda membelinya dulu kemudian anda lupa membeli peralatan.Peralatan dan kandang wajib untuk memelihara sugar glider antara lain seperti:
  1. Kandang (bisa kandang burung love bird dari besi) syarat kandang untuk sugar glider adalah berbahan besi keseluruhan!
  2. Batok kelapa atau rumah kecil untuk sugar glider, karena sugar glider di alam liar adalah hewan nocturnal atau aktif dimalam hari, biasanya kalau disiang hari mereka akan tidur dan membutuhkan tempat yang gelap dan nyaman, maka anda harus membeli batok kelapa atau rumah-rumahan untuk sugar glider anda!
  3. Pakan , untuk pakan anda bisa menggunakan bubur instan yang ada dipasaran, dan anda perlu memberinya protein berupa ulat hongkong dan jangkrik.
  4. Kantung tidur, jangan lupa untuk membeli kantung tidur dan letakan melintang didalam kandang.
Sesudah menyiapkan segala peralatan dan perlengkapan kita beralih ke tips untuk membeli sugar glider.Jika anda pemula dan belum pernah membeli sugar glider sebelumnya saya sarankan anda untuk memeli sugar glider Joey atau bayi SG yang jinak, dan jangan membeli SG terlalu kecil atau muda sebaiknya berumur sekitar 2 bulan keatas karena sudah bisa di ajak main dan jinak.Yang lebih penting anda sebaiknya membeli Sugar Glider CB (Captive Breeding) atau hasil tangkaran / ternakan, jangan membeli Sugar Glider WC (Wild Captive) tangkapan liar, ciri-ciri SG WC itu harganya yang lebih murah dari SG CB dan bulunya berwarna hitam / coklat pudar keputihan.

Sesudah membeli Sugar Glider.
Jika anda sudah membeli sugar glider petama yang perlu anda lakukan adalah membiarkannya beradaptasi terlebih dahulu, karena biasanya mereka stress karena perjalanan.Yang anda perlu lakukan biarkan sugar glider anda beristirahat dikandang dan jangan di buat mainan dulu,Tempatkan kandang sugar glider jauh dari jangkauan hewan pemangsa seperti anjing, kucing dan tikus!
 pastikan didalam kandang ada:
  1. Botol air minum.
  2. Pakan.
  3. Kantong.
  4. Batok kelapa.
Untuk memberinya pakan jangan terlalu banyak dan terlalu sedikit, karena jika terlalu sering akan menjadikan sugar glider obes, mungkin ada beberapa orang yang menyukai jika sugar glider obessitas atau terlalu gemuk, tapi menurut saya itu melanggar hak asasi sugar glider dan cenderung tidak sehat seperti halnya manusia yang kelebihan berat badan, cukup anda berikan 2 atau3 kali sehari, pagi, siang dan sore. Untuk makanan tambahan seperti buah-buahan, ulat hongkon, jangkrik anda berikan 1x sehari dan jangan terlalu sering! karena bahaya.
.

Cara Memelihara dan Merawat Sugar Glider Rating: 4.5 Diposkan Oleh: putry